6 Cara Memingkatkan Kesehatan Emosional Dan Menjaga Kehidupan Seimbang

Cute portrayal of a range of different emotions
Cute portrayal of a range of different emotions

Menjadi sehat secara emosional tidak berarti bahwa seseorang bahagia sepanjang waktu. Itu berarti Anda sangat menyadari emosi Anda. Anda dapat menghadapinya, apakah itu positif atau negatif. Fakta Penting WHO menyatakan bahwa efek dari tidak mengobati masalah kesehatan mental remaja meluas hingga dewasa, mengganggu kesehatan fisik dan psikologis, dan membatasi kesempatan untuk menjalani kehidupan yang bermakna sebagai iklan

Kami sangat menjaga kesehatan fisik kami dengan makan dengan benar dan berolahraga. Namun, kita gagal untuk menyadari bahwa menjaga kesejahteraan emosional kita sama pentingnya dengan menjaga tubuh fisik kita. Orang yang sehat secara emosional dan mengendalikan pikiran, perasaan, dan perilaku mereka dapat dengan mudah mengatasi kemunduran hidup. Mereka dapat menjaga masalah dalam perspektif dan bangkit kembali dari kemunduran dengan mudah. Mereka merasa baik tentang diri mereka sendiri dan memiliki hubungan yang baik.

Menjadi sehat secara emosional tidak berarti bahwa seseorang bahagia sepanjang waktu. Itu berarti Anda sangat menyadari emosi Anda. Anda dapat menghadapinya, apakah itu positif atau negatif.

Fakta Kunci WHO menyatakan bahwa dampak dari tidak mengobati masalah kesehatan mental remaja meluas hingga dewasa, mengganggu kesehatan fisik dan psikologis, dan membatasi kesempatan untuk menjalani kehidupan yang bermakna sebagai orang dewasa.

Penelitian oleh psikolog klinis New York City menyatakan bahwa jauh lebih mudah untuk mengatasi pasang surut kehidupan dan peristiwa yang lebih penting ketika seseorang merasa baik tentang dirinya sendiri. 

Bahkan ketika hidup seimbang, dan semuanya berjalan lancar dan efisien, ada saatnya kita merasa kewalahan, saat-saat ketika kita tahu kita harus berhenti dan berjuang untuk keseimbangan yang lebih besar. Sulit untuk terus berjalan. Namun, jangan stres jika Anda berada di posisi itu; Anda hanya akhirnya akan mencapai sana dan mencapai tujuan Anda.

Tetap seimbang dalam hidup terlihat berbeda untuk setiap orang. Kita semua memiliki preferensi keseimbangan yang bervariasi, variabel yang berbeda yang kita tangani, tingkat toleransi ketidakseimbangan yang berbeda, dan sumber daya yang bervariasi. Di bawah ini adalah beberapa ide keseimbangan berbeda yang membantu Anda menjaga keseimbangan dan mencapai kesehatan emosional yang baik.

Berlatih dan bekerja pada regulasi emosi

Emosi mendapatkan yang terbaik dan yang terburuk dari Anda, tetapi secara bertahap belajar menanganinya secara efektif melalui strategi koping dapat membantu dalam jangka panjang. Cari tahu strategi apa yang cocok untuk Anda dan apa yang tidak. Ada dua jenis strategi koping: Strategi Fokus Emosi dan Strategi Fokus Masalah. 

Mengatasi berbasis masalah membantu Anda mengubah situasi dengan menghilangkan hal yang membuat stres dari hidup Anda. Misalnya, Anda tidak mendapat nilai yang baik dalam mata pelajaran favorit Anda selama ujian tengah semester, dan Anda terkejut dengan ini karena Anda pikir Anda berkinerja baik. 

Strategi yang berfokus pada masalah adalah pergi ke guru yang bersangkutan dan berbicara tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja Anda. Anda mengembangkan rencana yang jelas yang akan membantu Anda melakukan lebih baik, dan Anda mulai merasa lebih percaya diri tentang kemampuan Anda untuk berhasil dengan baik dalam ujian akhir semester.

Mengatasi berbasis emosi membantu Anda menjaga perasaan Anda ketika Anda tidak ingin mengubah situasi Anda atau ketika keadaan berada di luar kendali Anda. Misalnya, jika Anda berduka karena kehilangan orang yang dicintai, penting untuk menjaga perasaan Anda dengan cara yang sehat (karena Anda tidak dapat mengubah keadaan).

Tidak selalu ada satu cara terbaik untuk melanjutkan. Sebaliknya, terserah Anda untuk memutuskan keterampilan koping mana yang paling cocok untuk Anda dalam situasi tertentu.

Berlibur 

Dalam film Ferris Buller’s Day Off, diperlihatkan bagaimana seorang siswa SMA memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Saya yakin kita semua dapat memahami betapa pentingnya mengambil satu hari libur dari tekanan atau kemonotonan hidup dan melakukan apa pun yang mungkin untuk membuatnya berharga. Anda dapat menikmati hobi favorit Anda, melihat teman lama Anda yang hilang, menghabiskan waktu di Netflix menonton serial yang selalu ingin Anda tonton, atau apa pun yang terasa benar, damai, dan memuaskan.

Kelola Waktu Anda Secara Efisien dengan Menetapkan Tujuan 

Jadwal dapat dipertahankan, dan tujuan dapat ditetapkan untuk minggu itu. Saat seseorang mencoret daftar tugas yang harus dilakukan, ada rasa pencapaian yang luar biasa yang akan membantu mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri.

Melatih Perhatian 

Perhatian penuh dianggap sebagai praktik kuno. Itu adalah menyadari sepenuhnya apa yang terjadi di masa sekarang dan yang terjadi di dalam dan di sekitar Anda. Ide utamanya adalah untuk tidak menjalani hidup Anda pada “mode autopilot” tetapi menjadi orang yang lebih sadar. 

Inilah cara Anda dapat melatih perhatian:

  • Latih pernapasan dalam secara teratur. Berfokus pada napas Anda meningkatkan konsentrasi dan motivasi.
  • Menanamkan kebiasaan berjalan: Saat seseorang berjalan dan memperhatikan pemandangan dan suara di sekitar, banyak pikiran memasuki pikiran. Praktik penting adalah mencatatnya tetapi kemudian kembali ke masa sekarang.
  • Berlatih makan dengan penuh perhatian: Ini termasuk menyadari rasa, tekstur, dan rasa dan berhenti ketika Anda merasa kenyang, dan bahkan mendengarkan tubuh Anda dan bertindak saat Anda lapar.

Perkuat Koneksi Anda Secara Sosial

Tautan sosial membantu Anda melindungi kesehatan dan memperpanjang hidup. Dipercaya secara luas bahwa hubungan yang baik dengan orang lain dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan kita—baik secara emosional maupun fisik. Baik itu dengan pasangan romantis, keluarga, teman, tetangga, atau orang lain, hubungan sosial dapat secara langsung memengaruhi biologi dan kesejahteraan kita.

Ingatlah Poin Baik Anda

Kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan kita masing-masing, dan tidak ada satupun dari kita yang sempurna. Sangat mudah untuk berpikir bahwa orang lain lebih berbakat, lebih sukses, dan memiliki lebih banyak peluang daripada kita ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan kita. Apa pun yang tampak di permukaan, tidak mungkin untuk mengetahui bagaimana perasaan seseorang di dalam. Seseorang harus mengingatkan diri sendiri tentang hal-hal yang Anda lakukan dengan baik dan paling baik, pada akhirnya menyeimbangkan pemikiran kritis tentang diri Anda. Ingatlah bahwa Anda penting, dan menjaga kesehatan emosional Anda pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Belakangan ini, karena pandemi, kesehatan mental telah memburuk secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dan depresi meningkat pada populasi umum, dengan satu dari tiga orang mengalami kecemasan dan satu dari lima mengalami gangguan tidur dan gejala depresi. Tidak dapat dihindari bagi manusia untuk merasa sedih, cemas, tertantang, frustrasi, atau hanya kewalahan dan tidak mampu mengatasi masa-masa yang tidak pasti ini.

Kebutuhan saat ini adalah menjadi sehat secara emosional, stabil secara mental, dan mengembangkan strategi koping yang lebih baik. Anda dapat mencapai kebahagiaan dan kesehatan holistik yang selalu Anda dambakan. 

Penutup

Melakukan pemeriksaan kesehatan mental secara mendalam akan membantu Anda menjelajahi area yang perlu Anda kerjakan. Anda kemudian dapat mengakses alat bantu diri atau memesan sesi dengan terapis yang dapat membantu Anda menuju jalur kesejahteraan mental. Semakin awal Anda menjangkau, semakin baik perasaan Anda.